Senin, 23 Desember 2019

Sudahkah Engkau Sholeh Wahai Orang Tua?

Tahukah kita?
Keshalihan itu bisa diturunkan… Karena keshalihan bapak-ibu atau kakek-nenek, maka Allah akan menjaga anak keturunan mereka dan menjadikan anak dan cucu mereka kelak juga menjadi orang yang shalih… Dalam munajat mereka terselip untaian doa :
“Dan berikanlah keshalihan kepadaku (dengan juga memberikan keshalihan itu) kepada anak cucuku” (QS. Al-Ahqaf [46]: 15)
“Wahai Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku termasuk orang yang tetap mendirikan shalat, wahai Rabb kami, perkenankanlah doaku” (QS. Ibrahim [14]: 40)
Sekarang coba renungkan tentang diri kita, baik sebagai ayah atau pun ibuapakah sudah termasuk orang-orang shalih? Banyak beribadah? Bisa jadi sebabnya adalah orang tua itu sendiri yang tidak shalih, durhaka kepada orang tuanya serta memakan atau menggunakan harta haram, sehingga dampaknya kepada anak-anaknya… Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
“Sesungguhnya seseorang benar-benar terhalang dari rezeki (mendapatkan anak yang shalih) dengan sebab dosa yang dilakukannya” (HR. Ibnu Majah no. 90 dan 4022, Ahmad V/277, ath-Thabrani dalam ad-Du’aa no.31 dan al-Hakim I/493, hadits dari Tsauban, lihat Shahih Sunan Ibnu Majah no.73)
Anak yang tumbuh dari makanan yang haram kelak menjadi orang yang tidak peduli akan rambu-rambu halal dan haram dalam agamanya.
Lalu bagaimana mungkin orang tua akan mendapatkan anak yang shalih ?
Wahai saudaraku… Inginkah anakmu menjadi shalih dan shalihah ?
Taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta berbakti kepada kedua orang tuanya ?
Dan jika engkau menginginkannya… Lalu sudahkah engkau shalih sebagai orang tua ?
Allah Ta’ala berfirman :
“…Sesungguhnya orang-orang yang merugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat…” (QS. Az-Zumar [39]: 15)
(Ust. Najmi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar yang Membangun, Jangan Lupa Nama: E-mail: Wa: