Hardware

PERANGKAT KERAS ( HARDWARE )

 

DEFINISI

     Perangakat keras ( hardware ) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Macam – Macam Hardware :

Berdasarkan fungsinya perangkat keras komputer atau yang  sering disebut perangkat hardware yang terdapat pada sistem komputer dapat di bedakan menjadi beberapa kategori, yaitu ;
  1. Alat Input  
  2. Alat Proses
  3. Alat Simpan
  4. Casing Unit dan Central Prosesing Unit (CPU)
  5. Periferal
  6. Alat Output

ALAT INPUT

     Alat input (Input Device ) dalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer dan alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, serta dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan sebuah program. 
  •  Contoh alat input adalah :
1. Keyboard
     Keyboard berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Keyboard berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui, antara lain keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109 tombol. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
2. Mouse
     Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu‐menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini  memiliki 2 tombol, tombol sebelah kiri digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Ada lagi tombol scroll yang digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat dari satu halam ke halaman yang lain.
3. Scanner
     Scanner (pemindai) adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer dalam sebuah data digital.
Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :
  • Scanner gambar
  • Scanner barcode
  • Scanner sinar-x
  • Scanner cek
  • Scanner logam
  • Scanner Optical Mark Reader (OMR)
  • Scanner 3 dimensi
Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
  1. Flatbed
    Pada pemindai gambar Fladbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  2. Automatic Document Feeder  (ADF)
    Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder  (ADF), kertas diletakkan pada tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder  (ADF) adalah:
  • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan dengan imprinter
pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader  serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.
4. Joystick
     Joystick (tuas kendali) adalah alat masukan komputer  yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer . Joystick ini umumnya digunakan untuk memasukkan perintah pada dan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video game yang di lengkapi lebih dari satu tombol   digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.
5. Trackball
     Trackball (bola jejak) adalah piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan umumnya terdapat pada mouse modern.  Trackball memiliki fungsi yang hampir sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game, trsckbsll ini menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan muuse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. Di dalam trackball ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga ,udah untuk digerakkan.
6. Barcode Reader
     Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode  berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk pelanggan . Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.
7. Mikrofon
     Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
8. Touch Sreen
     Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.
9. Kamera Digital
     Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD. Dengan kamera ini dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment berharga yang kita lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.
10. Kamera Video
     Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.

ALAT PROSES

     Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.
  • Contoh Alat Proses
1. Prosesor
     Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah datasecara digital. Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk prosesor, diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, PowerPC dan Cyrix.
2. RAM ( Random Access Memory )
     RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
3. Mainboard
     Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, RAM, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
     Fungsi Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer, selain itu mainboard juga sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.
4. Kartu VGA
     Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.
5. Kartu Suara
     Kartu suarva (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara, merekam suara dan mengolah suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  •  Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

ALAT SIMPAN

     Alat Simpan atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner). Penyimpanan sendiri dikategorikan menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. Penyimpanan kedua adalah penyimpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan tersebut diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file. Data itu tetap dalam penyimpanan kedua untuk sementara sebelum diproses (sejumlah proses) atau bisa menjadi proses yang cepat.
  • Contoh alat simpan :
1. Hardisk
     Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat  HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Perkembangan hardisk (Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6 meter dan zaman sekarang menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Lalu dahulu yang hanya berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile).
2. CD / DVD – ROM
     CD/DVD‐ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja.  Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada CD atau DVD.
3. Flasdisk
     USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas  penyimpanan data  sebuah flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte  hingga beberapa gygabyte yaitu dari  64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori yang digunakan.
4. Disket
     Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidakbanyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
5. Optical Disk
     Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Sehingga saat ini lebih banyak menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.

CPU

CPU  (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu :
·         ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan
·         CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

PERIFERAL

    Periferal atau perangkat tambahan  adalah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya, dan karena periferal adalah perangkat tambahan sehingga tidak di setiap komputer memiliknya.
  • Contoh periferal :
1. Kartu Jaringan
     NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
2. Modem
     Modem berasal dari singkatan  Modulator  Demodulator.  Modulator  merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah dan berfungsi menghubungkan satu komputer lain ke komputer lain atau ke internet melalui jalur telepon. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Pada umumnya, modem memiliki keceptan 56 kbps.
3. HUB
     Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang  digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkannya.
4. UPS
     UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba‐tiba padam. Dengan UPS, komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar. UPS ini termasuk salah satu alat penting di setiap komputer.

ALAT OUTPUT

    Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Output devide berfungsi untuk menampilkan output sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), atau berupa suara.
  • Peralatan output dapat berupa :
·  Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
·  Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  • Contoh alat output :
1. Monitor
     Monitor atau yang biasa disebut juga screen atau display adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah, video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil pengolahan data secara langsung di dalam layar monitor. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya menjelaskan jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan LCD. 
2. Printer
     Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser. Ukuran kecepatan mencetak printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).
3. Proyektor LCD
     Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas LCD cahaya yang dipancarkan suatu proyektorLCD sehingga menampilkan tampilan yang lebih baik.
4. Speaker
     Speaker ( pengeras suara ) adalah alat output audio, berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar yang Membangun, Jangan Lupa Nama: E-mail: Wa: