Rabu, 29 Januari 2020

Tips Sehat

Bismillah...
Hari ini: Selasa
28 Januari 2020
03 Jumadil Akhir 1441 H

Tadabbur Ayat Hari Ini:
*_Balasan yang lebih baik bagi orang beriman_*
ﺃﻋﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﺍﻟﺮﺟﻴﻢ 

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَا قٍ ۗ وَلَـنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْۤا اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ
"Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

مَنْ عَمِلَ صَا لِحًـا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَـنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةً ۚ وَلَـنَجْزِيَـنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ
"Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."
(QS. An-Nahl 16: Ayat 96-97)

_TIPS SEHAT_

*Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad ﷺ*

Nabi Muhammad ﷺ telah menjadi teladan bagi umat Muslim. Mengikuti kebiasaannya sehari-hari adalah sunnah. Tentunya hal ini tidak hanya memiliki manfaat spiritual saja, tapi juga manfaat fisik dan fisiologis.

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Al-Ahzab 33:21)


Banyak manfaat yang bisa diambil dari berbagai kebiasaan berikut dan juga telah diakui secara ilmiah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bangun di pagi hari

Setiap hari, Nabi Muhammad ﷺ selalu bangun di saat fajar dan salat Subuh setelah azan. Menjadi orang yang selalu bangun pagi telah terbukti secara ilmiah menghasilkan produktivitas yang lebih baik. Begitu pula dengan kesehatan mental secara keseluruhan.

Ia juga salat beberapa rakaat di rumahnya dan berbaring menghadap ke kanan sambil menunggu panggilan untuk memimpin salat.

2. Makan perlahan dan tak berlebihan

Makan perlahan dan tak berlebihan untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad ﷺ dan hal ini kini telah sangat didukung secara ilmiah.

Konsep makan dalam Islam yang menerapkan ‘⅓ untuk makanan, ⅓ untuk cairan, dan ⅓ untuk udara’ sangat mirip dengan konsep ‘hara hachi bu’ dari Jepang, yang berarti makanlah hingga perut terisi 80 persen.

Makan perlahan juga akan membantu kita agar menyantap makanan lebih sedikit dan memperbaikin sistem pencernaan. Ini adalah kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ dan sangat dianjurkan.

3. Berpuasa

Berpuasa adalah kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ secara teratur dan tidak hanya saat Ramadan. Ia akan berpuasa setiap Senin dan Kamis, dan juga di hari ke-13, 14, dan 15 di perhitungan bulan Islam.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai, 2320)

Ini sama halnya dengan menjalankan puasa selang-seling, yang telah terbukti dapat menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan menurunkan peradangan secara keseluruhan.

4. Minum dalam 3 tegukan

Nabi Muhammad ﷺ mengatakan untuk tidak minum dalam sekali tegukan seperti seekor unta. Minumlah dengan tiga kali tegukan kecil.

Kini, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air terlalu banyak dalam periode yang singkat dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah dan mengalami pusing. Minum dengan perlahan akan membantu tubuh menyerap cairan dan mengoptimalkan manfaat.

5. Mengonsumsi buah delima

Buah delima yang menjadi favorit Nabi Muhammad ﷺ mengandung mangan. Kandungan tersebut membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme tubuh. Selain itu delima juga mengandung potasium yang membantu menjaga fungsi seluler tubuh dan mempertahankan keseimbangan kadar cairan.

Buah delima juga mengandung banyak flavonoid dan polifenol, sejenis antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit jantung.

6. Mengonsumsi Kurma

Kurma adalah santapan yang tepat untuk berbuka puasa karena dapat menstabilkan kadar gula darah, mengembalikan keseimbangan kadar elektrolit darah, dan membantu sistem pencernaan lebih siap untuk menerima makanan.

Kurma kini terbukti meningkatkan produksi oksitoksin dalam tubuh dan mempercepat prosesnya. Nabi Muhammad ﷺ juga berkata:

“Tidak akan lapar penghuni rumah yang memiliki kurma.” (HR. Muslim)

7. Tetap aktif
Untuk dapat memenuhi tiga dari lima Rukun Islam, seorang Muslim membutuhkan kesehatan dan kebugaran.

Salat sendiri merupakan salah satu bentuk olah fisik yang membutuhkan pergerakan otot dan sendi. Tubuh yang sehat juga dibutuhkan jika kita berniat untuk berpuasa atau menunaikan ibadah haji. Selain itu, Nabi Muhammad (SAW) juga sangat menganjurkan untuk melakukan olahraga.

8. Hindari tidur tengkurap

Karena bobot tulang belakang, orang dewasa dan bahkan bayi tidak dianjurkan untuk tidur tengkurap oleh dokter. Bu Cara tidur seperti ini juga berdampak pada organ dan tulang belakang.

Bersambung InsyaAllah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar yang Membangun, Jangan Lupa Nama: E-mail: Wa: